Mengenal Lebih Jauh Tentang Web Hosting

pediahost hosting

Web hosting adalah salah satu istilah yang sering kita dengar saat ingin membuat website. Mungkin sebagian orang yang masih awam akan bertanya-tanya. Apa itu web hosting? Apakah peran web hosting dalam sebuah website? Di sini akan dijelaskan lebih lanjut serba-serbi tentang web hosting, mulai dari pengertian, jenis-jenisnya, dan tips dalam memilih web hosting yang tepat. Simak terus, ya!

Pengertian Web Hosting

Salah satu unsur terpenting dalam membangun sebuah website, adalah hosting. Untuk dapat membuat dan mengelola sebuah website, Anda harus memiliki akses terhadap hosting terlebih dahulu.

Hosting ini adalah computer yang terhubung dengan internet, dan digunakan untuk menyimpan data agar dapat diakses secara daring. Istilah hosting ditujukan untuk aktivitas atau layanan penyimpan informasi pada website, yang kemudian dapat ditampilkan hingga bisa diakses oleh user.

Hosting memiliki peran yang cukup krusial dalam pembangunan sebuah website, karena ia bertugas agar para pengguna internet yang ingin mengakses website, dapat mengaksesnya dengan mudah dan tanpa hambatan, selama 24 jam. Ia juga memiliki fungsi untuk menyimpan data yang dimiliki oleh pengguna, di dalam website.

Jenis-Jenis Web Hosting

Jenis-jenis web hosting penting diketahui untuk memudahkan pemilihan jenis paket hosting yang akan digunakan untuk keperluan website. Berikut adalah penjelasan singkatnya.

Shared Hosting

Shared hosting merupakan istilah yang digunakan untuk layanan hosting, dimana websitenya harus berbagi source dari web server yang besar. Analoginya seperti satu rumah (web server) yang digunakan beberapa penghuni (website).

Dedicated Hosting

Dedicated hosting merupakan satu hosting yang digunakan oleh satu pengguna saja. Pengguna dapat lebih leluasa dalam mengelola sumber, bandwith, hingga menyimpan file.

VPS Hosting

VPS hosting merupakan salah satu jenis hosting yang memberikan penawaran server virtual untuk klien. VPS hosting menjamin source yang tersedia untuk digunakan klien dengan system teknologi virtualisasi. Hal ini mampu membuat server website klien jauh lebih stabil.

Cloud Hosting

Cloud hosting adalah salah satu jenis hosting terbaru, menggunakan teknologi konsep komputasi awan, dengan kecepatan dan keamanan yang lebih baik dibanding jenis hosting yang lain.

Managed WordPress Hosting

Managed WordPress hosting merupakan hosting yang dirancang khusus bagi website berbasis platform WordPress. Kelebihan hosting ini adalah dari sisi server yang telah dipotimalisasi dengan baik, serta adanya fitur tambahan seperti update otomatis dari situs, back up otomatis, keamanan yang terintegrasi, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Tips Memilih Web Hosting

Berikut adalah hal-hal yang perlu Anda perhatikan ketika memilih hosting:

Disk space

Disk space merupakan ruang penyimpanan data pada server, Semakin besar data yang ingin Anda simpan di website, semakin besar pula disk space yang Anda butuhkan.

Bandwith

Bandwidth merupakan besaran hitungan transfer data yang ada di antara server dengan komputer yang mengakses. Semakin banyak orang yang mengakses, maka bandwith yang digunakan semakin besar pula.

Webmail

Webmail merupakan fitur yang digunakan untuk mengelola email pada server hosting. Fungsinya adalah mengelola email yang masuk dan keluar, serta berguna untuk menyimpan email.

Cpanel

Cpanel merupakan control panel server pada hosting yang berguna untuk mengelola dan mengatur fitur pada server hosting, seperti mengatur konfigurasi pada website dengan mudah, di antaranya untuk membuat addon domain, subdomain, akun email, mengatur file, dan sebagainya.

Data center

Data center adalah lokasi penyimpan server hosting yang dilengkapi infrastruktur yang berguna menjaga server dari gangguan.

Demikian perkenalan singkat kita dengan web hosting. Semoga dapat menambah pemahaman dan membantu Anda yang sedang berniat untuk membangun website, ya.

Tips Memilih Provider Hosting Untuk Pemula. Wajib Kamu Baca!

1 thought on “Mengenal Lebih Jauh Tentang Web Hosting

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *